Categories
Uncategorized

Waktu Terbaik Ganti Oli

Kapan Ya Sebaiknya Ganti Oli Mobil? Cari Tahu di Sini!


Masih banyak orang yang bingung kapan waktu yang tepat untuk pindah oli mobil. Ada yang berpendapat bahwa oli harus diganti waktu kilometernya udah menyentuh angka 5 ribu atau 10 ribu. Tak jarang juga orang menjelaskan bahwa oli harus diganti tiap-tiap 6 bulan sekali.

Waktu penggantian oli tidak boleh dianggap sepele! Jika waktunya udah tiba dan penggantiannya ditunda-tunda, kualitas oli makin lama bakal terus menurun. Mesin mobil pun bakal terpengaruh supaya menjadi rusak.

Penggantian Oli pada Mobil Baru

Bagi Anda yang baru saja belanja mobil keluaran terbaru, biasanya bakal direkomendasi untuk mengganti oli waktu odometer udah membuktikan angka 1.000 kilometer. Tidak hanya itu, kadang-kadang Anda pun bakal diminta oleh bengkel formal untuk lagi mengganti oli waktu capai 2.500 kilometer.

Pada masa itu, biaya servis tidak bakal dibebankan pada pemilik mobil. Karena hal ini, biasanya mereka masih bersemangat pergi ke bengkel. Setelah masa gratis berikut lewat, tak jarang para pemilik mobil jadi acuh tak acuh pada keadaan oli mereka.

Baca juga : Supplier Oli Industri

Sesuai Buku Manual

Buku manual bakal selalu disertakan waktu Anda jalankan pembelian mobil baru. Untuk mengerti waktu yang pasti penggantian oli mobil, bacalah buku petunjuk tersebut. Umumnya, waktu pindah oli yang kerap direkomendasi ialah waktu capai 10 ribu kilometer.

Akan tetapi, banyak bengkel menyarankan untuk pindah oli tiap-tiap 5 ribu kilometer dikarenakan keadaan jalanan yang dianggap tidak normal, layaknya keadaan kemacetan di Jakarta. Dalam keadaan macet, jarak tempuh mobil menjadi sangat kecil padahal mesin terus berputar yang sudah pasti mengurangi “umur” oli.

Lalu bagaimana baiknya? Gunakan tanggal dan kilometer pada catatan servis sebagai patokan. Jika tanggal waktu servis udah tercapai, biarpun kilometer belum 10 ribu, tersedia baiknya Anda jalankan penggantian oli mobil.

Viskositas/Kekentalan Oli

Kekentalan oli yang Anda gunakan untuk mobil yang paling disayangi ternyata mampu menjadi penentu waktu penggantiannya. Hal ini mampu diamati berasal dari angka pada kode Society of Automotive Engineering (SAE) yang tercantum pada kemasannya.

Baca Juga: 4 Cara Memilih Oli yang Tepat untuk Mobil Anda

Angka berasal dari kode SAE ini mengacu pada tingkat kekentalan oli tersebut. Bila oli mempunyai kode 20W-50, itu berarti oli tidak sangat kental, maka itu, Anda harus mengganti oli pada kilometer 3 – 5 ribu terkait kondisinya. Sementara itu jikalau kode SAE-nya membuktikan 10W-40, maka penggantian mampu dijalankan pada rentang 7.500 hingga 10 ribu kilometer.

Ganti Juga Filter Oli

Kualitas berasal dari oli mobil ternyata mampu mengalami penurunan akibat kelupaan mengganti filter oli. Kotoran yang mengendap pada saringan berikut lama-lama bakal menumpuk jikalau tidak diganti. Akibat berasal dari hal itu, oli tidak mampu bersirkulasi dengan baik.

Anda biasanya bakal direkomendasi untuk mengganti filter sehabis dua kali jalankan pindah oli. Ada juga yang berpendapat, bila mobil digunakan hampir tiap-tiap hari dan jarak yang ditempuh lebih berasal dari 20 kilometer, waktu terbaik untuk menggantinya ialah 8 bulan sekali.

Cek Kualitas Oli

Tak jarang catatan servis terakhir hilang atau lupa kapan terakhir mengganti oli. Bagi konsumen mobil second, kadang-kadang mobil yang dibeli tidak membawa catatan servis, selanjutnya bagaimana caranya mengerti apakah harus segera mengganti oli?

Untuk memastikan, cek kualitas oli mesin mobil tersebut. Perhatikan bila oli mobil udah mengalami perubahan warna. Jika hal ini terjadi, maka penggantian harus dijalankan sesegera mungkin.

Bila waktu jalankan kontrol oli berikut berwarna hitam pekat dan mengeluarkan bau tengik, itu pertanda kualitasnya udah tidak layak pakai. Perubahan warna itu sendiri biasanya disebabkan oleh keadaan mobil yang udah menempuh perjalanan jauh.

Sementara itu, jikalau Anda menemui oli berubah menjadi warna putih susu dengan kekentalan yang memadai pekat, itu berarti cairan udah terkontaminasi oleh air. Perubahan warna oli yang demikianlah disebabkan oleh keadaan mesin yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *