Categories
Uncategorized

Inilah Jenis Rambutan yang Populer di Indonesia

Karena sedang musimnya, banyak jenis rambutan yang dijual di pasaran. Tapi mana yang paling lucu, paling segar dan paling enak?

Rambutan adalah buah khas Indonesia. Pohon masih melimpah di beberapa daerah sehingga rambutan berlimpah dan musimnya murah.

Buah yang bernama latin Nephelium Lappaceum ini memiliki banyak jenis dan masing-masing jenis memiliki ciri dan khasiat rasa tersendiri. Sebelum membeli rambutan, kenali dulu jenisnya.

Inilah Jenis Rambutan yang Populer di Indonesia

1. Rambutan Rapiah

Rambutan ini merupakan salah satu jenis rambutan unggulan yang disukai masyarakat Indonesia. Ukuran buahnya relatif lebih kecil dibandingkan jenis rambutan lainnya.

Meski kecil, itu sangat imut. Dagingnya tebal, keras, dan renyah, serta dagingnya menonjol keluar dari bijinya. Ciri fisik buah ini yaitu berambut pendek, sedikit dan kasar. Warna kulitnya hijau, kuning dan agak kemerahan.

2. Rambutan binjai

Rasanya yang manis, kental, dan gurih menjadi ciri khas dari rambutan ini. Binjai Rambutan memiliki bentuk lonjong dengan bulu buah yang panjang namun jarang.

Rambut buah ini berwarna merah dengan ujung kehijauan. Jenis rambutan ini berkembang pesat di beberapa daerah di Indonesia, sehingga tidak heran sangat familiar

3. Rambutan Sang Nyonya

Namanya Bu Rambutan karena kelihatannya sangat manis. Rambutan ini berbentuk bulat lonjong dengan ukuran sedang.

Rambutnya merah cerah dan tebal. Namun jangan biarkan penampilannya membodohi Anda, karena rambutan jenis ini memiliki rasa yang asam. Daging buahnya tidak lengket meski rambutannya sudah matang.

4. Rambutana ant Lagi

Jenis rambutan ini memiliki rasa yang sangat manis dan aroma yang khas. Rambutan terutama tumbuh di daerah aliran Sungai Andai di Kalimantan Selatan.

Buah ini memiliki bentuk bulat memanjang, agak pipih dan memiliki rambut pendek berwarna hijau kekuningan. Sayangnya, rambutan jenis ini tidak bisa tumbuh di semua daerah, sehingga ketersediaannya di pasaran terbatas.

5. Rambutan Kapulaga

Rambutan yang satu ini terbilang cukup nyentrik karena bulu buahnya sangat pendek dan kaku. Warna rambutan juga merah tua dan cenderung kecoklatan. Kulitnya tebal, kenyal dan kering.

Rambutan Kapulasan juga sering disebut Rambutan Babat karena kulitnya yang kasar seperti babat. Rasa buah ini manis dan asam. Daging buahnya cenderung kering karena tidak mengandung banyak air.

Jika Anda berhati-hati, sekilas rambutan terlihat seperti leci. Meski sama-sama berwarna merah dan segar saat disentuh, buah rambutan sangat mudah dibedakan hanya dengan melihat bulu-bulu yang tumbuh di kulit buahnya dan karenanya berbeda dengan leci.

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa buah rambutan merupakan buah super karena berkhasiat bagi kesehatan. Berbagai manfaat rambutan adalah:

1. Kaya nutrisi dan antioksidan

Seperti jenis buah lainnya, rambutan kaya akan serat, vitamin dan mineral.

Setiap 100 gram daging rambutan mengandung 1,3 hingga 2 gram serat yang baik untuk tubuh. Padahal, kandungan serat itu sama beratnya dengan apel, jeruk, atau pir, lho!

Manfaat buah rambutan lainnya juga dapat membantu membuat zat besi lebih mudah diserap tubuh. Ini karena rambutan kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan atau pemulung radikal bebas.

Jika Anda mengonsumsi 5-6 rambutan sehari, Anda dapat memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Semakin banyak antioksidan yang masuk ke dalam tubuh Anda, semakin banyak sel dalam tubuh Anda yang terlindungi dari kerusakan akibat radikal bebas.

Rambutan tidak hanya kaya vitamin, tetapi juga mengandung banyak mineral penting. Mineral utama terdapat pada kandungan tembaga pada daging rambutan. Tembaga berperan penting dalam pertumbuhan dan pemeliharaan berbagai sel dalam tubuh, termasuk sel tulang, otak, dan jantung.

Tahukah Anda, hanya jika Anda makan 100 gram atau setara dengan 4 potong daging rambutan baru Anda akan memenuhi 20 persen kebutuhan tembaga harian Anda! Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan mangan, fosfor, kalium, magnesium, zat besi, dan seng dari buah rambutan, meski dalam jumlah yang lebih sedikit.

2. Melancarkan pencernaan

Apakah Anda baru-baru ini mengalami masalah sembelit, yang juga dikenal sebagai kesulitan buang air besar? Kalau iya, coba manfaatkan buah rambutan yang satu ini, yuk!

Rambutan merupakan salah satu jenis buah yang baik untuk pencernaan. Sekitar setengah dari daging buah rambutan mengandung serat tidak larut. Konon, jenis serat ini tidak bercampur dengan air dan langsung masuk ke sistem pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *